Resep Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah

Resep Membuat Kue Klepon - Hai hai sahabat witnifood, yang doyan ngemil angkat tangan yukk, hihi. Kini telah banyak hadir jajanan yang bernuansa dan memang berasal dari negeri barat, seperti burger, pizza, hot dog, kebab dan masih banyak lagi lainnya. Hal tersebut membuat kita sebagai bangsa asli Indonesia akan sangat merasa merindukan jajanan-jajanan khas Indonesia. Keleman atau kue basah kerap kita jumpai, hanya saja kue-kue tersebut sebagian besar dapat kita jumpai hanya di pasar-pasar.

Salah satu makanan yang sangat digemari oleh hampir seluruh rakyat Indonesia adalah Kue Klepon. Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajan pasar. Makanan ini terbuat dari bahan dasar tepung beras ketan yang dibentuk bulat sebesar kelereng dan diisi dengan gula merah lalu direbus ke dalam air mendidih. Klepon yang sudah masak lalu digelindingkan di atas parutan kelapa agar tidak menempel ke klepon ang lainnya. Biasanya klepon diletakkan di dalam wadah yang terbuat dari daun pisang. Agar aromanya semakin nikmat.

Kemudian di Sumatera dan di Malaysia, kue klepon disebut dengan onde-onde, wah wah padahal kalau di Jawa dan bagian lain di Indonesia penganan yang disebut onde-onde adalah panganan yang bulat seperti boladan terbuat dari tepung beras berisi adonan kacang hijau yang dibaluri biji wijen ya sahabat witnifood. Perbedaan penyebutan antara di Jawa dan Sumatera-Malaysia ini seringkali menjadi penyebab kekeliruan dalam mengartikan onde-onde. 

Kue basah yang unik karena bentuknya kecil dan pas untuk sekali suap dengan kejutan manis di dalamnya ini adalah  
Kue basah tradisional ini dapat dibuat dengan menggunakan berbagai bahan sebagai adonan dasarnya. Tidak hanya dari tepung ketan putih atau hitam tetapi tepung beras, ubi, singkong bahkan hingga labu kuning juga bisa dikreasikan sehingga dapat menambah variasi cita rasa dari klepon. Warna klepon biasanya putih atau hijau tergantung selera. Untuk klepon dengan warna hijau, perlu ditambahkan bahan pewarna dari daun suji atau daun pandan.

Naaah bagaimana sahabat witnifood, dari beberapa keterangan tentang Kue Klepon diatas, tertarikkah sahabat witnifood untuk membuat sendiri dirumah ? Dijamin deh keluarga dirumah menyukai mahakarya sahabat witnifood yang satu ini. Hihi. Beriku Resep Membuat Kue Klepon isi Gula Merah yang lezat :

Resep Membuat Kue Klepon

Resep Membuat Kue Klepon
Resep Membuat Kue Klepon

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg tepung ketan.
  • 3 sdm tepung beras.
  • 1/2 sdt garam halus.
  • Pasta pandan secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • 1 lembar daun pandan.
  • Kelapa parut yang tidak terlalu tua.
  • Gula merah (disisir halus).

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah campurkan tepung ketan dan tepung beras ke dalam satu wadah, kemudian aduk rata.
  • Selanjutnya masukkan pasta pandan secukupnya kedalam campuran tepung, kemudian aduk kembali hingga warna merata.
  • Kemudian tuang air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan pas.
  • Lalu bentuk bulat-bulat adonan yang sudah diuleni sampai kalis dan beri isi gula merah pada bagian tengahnya (lakukan sampai adonan habis)
  • Siapkan panci atau pengukus dan beri air kemudian didihkan, masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat dalam air yang mendidih sampai benar-benar matang.
  • Sambil menunggu adonan matang, campurkan kelapa parut dengan sedikit garam lalu dikukus sebentar.
  • Angkat adonan lalu tiriskan kemudian gulingkan dengan kelapa parut yang sudah dikukus hingga merata.
  • Kue klepon gula merah siap untuk dinikmati.
Naaaaah mudah kan Resep Membuat Kue Klepon yang praktis. Sajikan jika sudah dingin agar kenikmatan lebih terasa. Kini dalam Resep Membuat Kue Klepon dapat diolah dengan inovasi lainnya seperti kue klepon pelangi, yakni dengan menambakan beberapa jenis pewarna makanan ke adonan dan isi kue klepon tidak hanya dengan gula merah, yakni dapat diganti dengan coklat, meses, keju, mayonaise, selai strawberry, blueberry, nanas dan lainnya. Kembali lagi yakni sesuai dengan selera sahahat witnifood. 

Demikian resep salah satu jajanan khas Indonesia yakni Resep Membuat Kue Klepon. Tetap lestarikan warisan kuliner nusantara yuk sahabat witnifood :) Yang pastinya tetap menjaga cita rasanya. Berikutnya ada resep menu untuk menemani hidangan berkuah sahabat witnifood nih, Sambal Terasi yang pedas legit dan gurih. Selamat Mencoba :)

Post a Comment for "Resep Membuat Kue Klepon Isi Gula Merah"