Resep Sambal Terasi Lombok Cengis

Resep Sambal Terasi - Sangat hambar rasanya jika bersantap hidangan yang lezat dan hangat tidak ada pedas sama sekali, apalagi untuk para pecinta pedas yang kerap mendambakan rasa pedas yang akan semakin menggugah selera. Jika ada beberapa orang lebih suka menciptakan rasa pedas dengan sebuah cabe rawit mentah yang langsung dimakan, maka sebagian banyak orang adalah menciptakan rasa pedas dengan menambahkan menu sambal di tengah-tengah hidangan tersebut.

Kali ini witnifood akan mengulas tentang Resep Sambal Terasi yang terbuat dari bahan dasar cabe rawit, sesuai dengan namanya yakni Sambal Terasi Lombok Cengis. Dalam bahasa jawa Lombok Cengis artinya Cabe Rawit. Cabe rawit juga dapat disebut dengan cabe kathur. Rasa cabe rawit ini sangat pedas. Makanya ada beberapa istilah yang mengatakan kecil-kecil cabe rawit. Arti dari kata tersebut adalah walaupun bentuk cabe rawit kecil tapi cabe rawit memiliki rasa pedas yang begitu menggelegar saat kita nikmati.

Warna buah cabai rawit dapat berubah ketika masih mentah ata muda dan ketika sudah matang atau tua. Warnanya adalah hijau saat masih mentah dan berubah menjadi warna merah saat matang. Meskipun ukurannya lebih kecil daripada varietas cabai lainnya, seperti yang sudah witnifood paparkan diatas tadi bahwa cabe rawit dianggap cukup pedas karena kepedasannya mencapai 50.000 - 100.000 pada skala Scoville.

Kemudian untuk Resep Sambal Terasi, dari namanya saja pasti sahabat witnifood sudah tau bahan campuran dalam pembuatan sambal tersebut. Yaaaa sambal tersebut menggunakan terasi, walaupun ada sebagain orang yang tidak terlalu menyukai terasi karena baunya. Namun pada kenyataannya rasa terasi sangat khas dan lezat. Langsung saja yuk kita kupas sedikit mengenai Terasi.

Terasi adalah bumbu masak yang terbuat dari bahan dasar ikan atau udang rebon yang difermentasikan, bentuk terasi sendiri bervariatif, ada yang kotak persegi panjang, bulat memanjang dan bentuk lainnya. Yang pasti ukuran terasi juga sangat beragam. Mulai yang besar hingga yang kecil kemasan ekonomis. Berwarna hitam atau kecoklatan, kadang ditambah dengan bahan pewarna sehingga menjadi kemerahan. Terasi merupakan bumbu penting di kawasan asia tenggara dan china selatan. Terasi memiliki bau yang tajam dan biasanya digunakan untuk membuat sambal terasi, tapi juga ditemukan dalam berbagai resep tradisional Indonesia. Seperti Pecak terong.

Di Malaysia, bumbu masak ini disebut dengan belacan, sedangkan di Thailand disebut dengan kapi. Dan di Indonesia disebut dengan nama terasi yang sudah sangat familiar bagi para penikmatnya. Langsung saja yuk cobain Resep Sambal Terasi Lombok Cengis yang dapat menggoyang lidah sahabat witnifood.
Resep Sambal Terasi
Resep Sambal Terasi

Bahan-bahan :

  • 1 siung bawang putih.
  • 3 siung bawang merah.
  • 4 buah cabe merah.
  • 10 buah cabe rawit merah.
  • 1 buah tomat.
  • 1 sdm terasi.
  • 1 buah jeruk nipis.
  • Gula jawa/ gula pasir secukupnya.
  • Garam.
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah siapkan wajan dan tuangkan minyak.
  • Setelah panas, goreng bahan seperti cabe dan bawang merah putih.
  • Kemudian goreng juga terasinya.
  • Selanjutnya siapkan layah dan masukkan semua bahan kemudian ulek hingga halus, tambahkan gula dan penyedap rasa. Ulek kembali.
  • Sajikan dan peras jeruk diatasnya.
Sajikan sambal terasi ekstra pedas dan legit. Sambal ini sangat cocok jika dejadikan pendamping masakan yang berkuah maupun bersantan seperti Opor Ayam atau Opor Nangka. Dapat juga untuk mendampingi sop. Yang pasti haru pakai nasi ya sahabat witnifood.

Naaah mudah kan Resep Sambal Terasi khas rumahan dan pastinya keluarga tercinta dirumah sangat menyukainya. Untuk sahabat witnifood yang ingin menambkan volume cabai pada Resep Sambal Terasi juga boleh. Asal kalau kepedesan ditanggung sendiri yaaa. Hihi. Selamat mencoba :)

2 comments for "Resep Sambal Terasi Lombok Cengis"

  1. Makasih tipsnya sekarang jadi makin banyak resep dari berbagai blogger nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heee yah mba, kalo gitu musti coba dong resep diatas biar ga penasaran :)

      Delete