Resep Membuat Sambel Belut Ekstra Pedas

Resep Membuat Sambel Belut - Ngomongin soal bangsa air yang satu ini bulu kuduk jadi merinding loh. Gimana gak merinding coba, bentuknya melata kaya ular dan mempunyai tekstur kulit luar yang licin dan akan susah jika dipegang. Belut namanya. Hewan yang biasa hidup di sungai ataupun di perairan sawah. Sebetulnya sih rasa belut itu enak, tapi proses pengolahannya itu loh yang rada susah dan nggak semua kaum hawa bisa, maksutnya saat belut masih hidup. Kalau udah nggak hidup si pasti bisa mengolah makhluk air yang lucu ini. Tapi belum tentu juga sih. Soalnya kalo sahabat witnifood yang orangnya gelian bakalan susah untuk beradaptasi dengan kelicinan si belut. Xixi alhasil tinggal menikmati olahan belut yang lezat deh :D

Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular. Belut berbeda dengan sidat, yang sering dipertukarkan. Ikan ini boleh dikatakan tidak memiliki sirip, kecuali sirip ekor yang juga tereduksi, sementara sidat masih memiliki sirip yang jelas. Ciri khas belut yang lain adalah tidak bersisik atau hanya sedikit, dapat bernapas dari udara, bukan insang sempit, tidak memiliki kantung renang dan tulang rusuk. Belut praktis merupakan hewan air darat, sementara kebanyakan sidat hidup di laut meski ada pula yang di air tawar. Mata belut kebanyakan tidak berfungsi baik loh sahabat witnifood. Makanya mudah ditaklukkan pemangsa. Yakni pemanen belut untuk dimasak wkwk.

Ukuran tubuh belut bervariasi. Monopterus indicus hanya berukuran 8,5 cm, sementara belut marmer Synbranchus marmoratus diketahui dapat mencapai 1,5m. Belut sawah sendiri, yang biasa dijumpai di sawah dan dijual untuk dimakan, dapat mencapai panjang sekitar 1m (dalam bahasa Betawi disebut moa). Kebanyakan belut tidak suka berenang dan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua belut adalah pemangsa. Daftar mangsanya biasanya hewan-hewan kecil di rawa atau sungai, seperti ikan, katak, serangga, serta krustasea kecil.

Wah wah pengetahuan tentang belut menarik juga yah. Selain belut juga mengandung banyak gizi, belut juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Misalnya sambal belut, belut goreng, belut cabai hijau dan masih banyak lagi olahan belut lainnya. Langsung saja yuks cobain Resep Membuat Sambel Belut yang ekstra pedesss.
Resep Membuat Sambel Belut
Resep Membuat Sambel Belut

Bahan-bahan :

  • Ikan belut ukuran kecil.
  • Minyak goreng secukupnya.

Bahan sambal :

  • 20 buah cabai rawit merah.
  • 8 buah cabai merah keriting.
  • 2 buah bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara membuat :

  • Langkah pertama adalah bersihkan ikan belut dari kotoran, lalu cuci di air mengalir, setelah itu rendam ikan belut dengan air yang di tambah dengan garam.
  • Lalu rendam selama kurang lebih 15 menit.
  • Panaskan minyak, lalu ikan belut di tiriskan dan di goreng di dalam minyak panas hingga kering, lalu sisihkan.
  • Saatnya untuk membuat sambalnya. Yaitu tumbuk atau ulek bahan yang sudah disiapkan tadi.
  • Tumbuk kasar daging belut, sisihkan terlebih dahulu.
  • Kemudian satukan belut goreng dengan sambalnya.
  • Sajikan.
Nyaammmiiiii sambal belut sudah siap dinikmati. Mudah kan Resep Membuat Sambel Belut pedas. Sajikan bersama nasi hangat ya sahabat witnifood. Jangan lupa tambahkan taburan bawang goreng jika sahabat witnifood suka.

Untuk tingkat kepedasan dalam Resep Membuat Sambel Belut dapat sahabat witnifood sesuaikan sendiri, apabila sahabat witnifood adalah pecinta pedas, maka sahabat witnifood dapat menambahkan volume cabai lebih banyak dari yang tertera pada komposisi yang witnifood tulis diatas. Namun apabila sahabat witnifood adalah orang yang phobia pedas maka sahabat witnifood dapat mengurangi volume cabainya.

Tips dalam Resep Membuat Sambel Belut agar ikan belut tidak begitu bau amis adalah sebagai berikut :
  1. Setelah dibersihkan, gosok-gosok belut dengan menggunakan abu kayu bakar agar lendirnya keluar, setelah itu cuci dengan air sampai bersih dan tiriskan.
  2. Kemudian ambil timun dan di parut, ambil belut yang sudah dibersihkan pukul dengan ulekan sampai pipih atau sampai tulangnya patah sehingga bentuknya tidak terlalu bulat, lalu masukan belut/lindung tadi ke dalam parutan timun aduk aduk sambil diremas-remas kira-kira 15 menit, angkat bersihkan, belut siap diolah tanpa bau amis.
Demikian Resep Membuat Sambel Belut simple dan enak pastinya. Selamat mencoba ya sahabat witnifood, semoga keluarga dirumah menyukainya. Berikutnya ada resep Sup Nori Rumput Laut yang dapat dihidangkan juga bersama sambal belut. Kuah segar dan sambal pedas gurih. Mantaaaaaapppppp. Selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep Membuat Sambel Belut Ekstra Pedas"

close
Shopee Promo