Resep Sup Nori Rumput Laut Atau Miyeok Guk

Resep Sup Nori Rumput Laut - Menjelang datangnya siang hari apalagi di musim kemarau seperti ini, rasanya akan lebih cocok jika menikmati santap siang bersama hidangan berkuah seperti sup, sayur asem, bahkan hidangan berkuah santan lainnya. Naaah kali ini witnifood akan merecomendasikan sebuah menu sup segar yang mungkin sahabat witnifood juga sangat menyukai bahan dasar pembuatan sup ini. Yakni sup rumput laut. Rumput laut juga dikenal sebagai nori. Nori adalah rumput laut pangang. 

Naaaahh sup rumput laut yang witnifood maksud adalah sup nori dan bukan sup dari rumput laut yang masih mentah dan rumput laut yang seperti di sup buah itu lohhh. Hihi Nori adalah nama dalam bahasa Jepang untuk bahan makanan berupa lembaran rumput laut yang dikeringkan. Nori digunakan sebagai hiasan dan penyedap berbagai macam masakan Jepang, lauk sewaktu makan nasi, dan bahan makanan ringan seperti senbei. Bahan baku adalah alga jenis Porphyra seperti Porphyra pseudolinearis Ueda yang dikenal sebagai Iwanori dan Porphyra yezoensis Ueda.

Walaupun warna tidak dapat dijadikan pegangan kualitas, lembaran nori berkualitas tinggi umumnya berwarna hitam kehijauan, sedangkan nori berkualitas lebih rendah berwarna hijau hingga hijau muda. Jepang, RRC, dan Korea merupakan produsen nori terbesar di dunia. Di RRC, nori disebut sebagai haitai dan di Korea disebut gim. Namanya beda-beda ya sahabat witnifood. Tapi soal rasa tetap sama koq hehehe.

Korea terkenal dengan nori berbumbu minyak wijen, cabai, dan butiran garam yang agak kasar sehingga berbau khas dan terasa agak pedas. Adapun kandungan rumput laut umumnya yakni mineral esensial (besi, iodin, aluminum, mangan, calsium, nitrogen dapat larut, phosphor, sulfur, chlor. silicon, rubidium, strontium, barium, titanium, cobalt, boron, copper, kalium, dan unsur-unsur lainnya), asam nukleat, asam amino, protein, mineral, trace elements, tepung, gula dan vitamin A, D, C, D E, dan K. 

Rumput laut juga bisa dijadikan sebagai bahan obat kecantikan, itu berarti rumput laut juga baik untuk kesehatan dan kebugaran kulit. Yukkks langsung saja cobain menu segar Resep Sup Nori Rumput Laut dengan tambahan kerang. Berikut Resep Sup Nori Rumput Laut.

Resep Sup Nori Rumput Laut

Resep Sup Nori Rumput Laut
Resep Sup Nori Rumput Laut

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus nori/ rumput laut kering.
  • Kerang segar.
  • 1 lembar daun bawang.
  • 2 siung bawang putih.
  • Kecap asin.
  • Minyak wijen.
  • Merica bubuk secukupnya. 
  • Garam secukupnya.

Cara membuat :

  • Langkah pertama adalah panaskan wajan beri minyak wijen, tumis kemduian masukkan kerang rebus.
  • Kemudian tuang air secukupnya, masak sampai daging kerang matang.
  • Selanjutnya masukkan rumput laut, tambahkan garam , merica, kecap asin.
  • Masak sebentar, angkat. 
Sajikan sup nori selagi panas. Dan pastikan dihidangkan dengan nasi ya sahabat witnifood. Dalam Resep Sup Nori Rumput Laut kecap asin sebagai bumbu kuah juga dapat diganti dengan kecap ikan atau saus tiram. Mudah banget kan Resep Sup Nori Rumput Laut yang kaya nutrisi.

Sup rumput laut ini juga bagus dikonsumsi ibu yang sedang menyusui, karena bisa melancarkan Asi. Seperti halnya sayur katuk. Dan dapat memulihkan stamina sehabis melahirkan. Dan untuk yang sedang hamil muda juga bagus, karena dapat menguatkan kandungan. Dan untuk penambah stamina tubuh. 

Sup rumput laut adalah sup wajib yang biasanya disediakan waktu ulang tahun, karena orang korea percaya kalo makan sup rumput laut dihari ulang tahun katanya bisa panjang umur. Hihi tapi berhubung kita orang Indonesia jadi di hari ulang taun bikin aja Kue Cucur Gula Merah yang legit untuk suguhan. Hihi. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Resep Sup Nori Rumput Laut Atau Miyeok Guk"