Resep Membuat Puding Mangga Lapis Susu

Resep Membuat Puding Mangga - Ketika kita bersantap ada baiknya jika menu dessert juga ada dalam hidangan tersebut. Sebagai hidangan penutup sekaligus pencuci mulut ya sahabat witnifood. Hidangan penutup dapat diisi dengan salad buah, buah segar atau dengan puding. Aatau juga dengan menu kreasi lainnya yang pasti segar. Kali ini witnifood akan membahas sedikit mengenai puding yang mempunyai tekstur kembut dan nyes ketika sampai di mulut kita.

Puding adalah nama untuk makanan yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang. Puding dengan bahan baku susu (yogurt), tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan terlebih dahulu. Puding seperti ini rasanya manis dengan perisa coklat, karamel, vanila, atau buah-buahan. Puding agar-agar dibuat dengan mencampur agar-agar bersama susu, tepung maizena, atau telur kocok. Puding agar-agar sering dihidangkan bersama saus kental berwarna putih yang disebut fla. Kini banyak inovasi hadir tepung puding instan untuk memudahkan orang membuat puding, karena hanya perlu dicampur susu atau air panas. Kemudian dimasak.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis puding rasa tradisional. Diantaranya ialah memakai kelapa muda, gula merah, santan, tapai ketan hitam, atau campuran daun suji dan daun pandan. Buah-buahan yang dipakai untuk puding misalnya : jeruk, nanas, sirsak, mangga, atau markisa. Dan masih banyak inovasi lainnya yang pasti akan menambah kreasi dalam pengolah puding tersebut.

Naaah dengan demikian puding adalah salah satu makanan yang banyak digemari oleh semua kaum, baik muda maupun tua, baik anak-anak maupun dewasa. Kali ini witnifood akan membagikan Resep Membuat Puding Mangga dengan lapisan Susu yang pastinya segar bila disantap dan memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh kita. Buah mangga harum manis memiliki tekstur yang padat namun lembut dan rasa manis yang sangat menggugah selera. Langsung saja nih, berikut Resep Membuat Puding Mangga.

Resep Membuat Puding Mangga

Resep Membuat Puding Mangga
Resep Membuat Puding Mangga

Bahan Puding Susu :

  • 2 gelas susu cair.
  • Air secukupnya.
  • 1 agar-agar putih bubuk.
  • 1 kuning telur.

Bahan Puding Mangga :

  • 2 buah mangga harum manis.
  • 1 bungkus agar-agar putih bubuk.
  • Air secukupnya.
  • Susu kental manis. 
  • Gula Pasir.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah masak bahan puding susu.
  • Selanjutnya siapkan tuang ke dalam loyang. Biarkan mengeras dengan cara didinginkan.
  • Kemudian masak juga bahan puding mangganya sampai mendidih.
  • Masukkan mangga yang sudah diblender, masak lagi sampai mendidih.
  • Kemudian tuang ke atas lapisan puding susu yang sudah mengeras tadi. Biarkan dingin dan mengeras. 
  • Jika sudah dingin, balik puding dan taruh diatas piring saji.

Sajikan puding yang sudah didinginkan, lebih mantap lagi jika puding dituangi dengan saus berwarna putih yang bernama fla. Resep Membuat Puding Mangga tidak harus selalu menggunakan mangga harum manis, karna ada beberapa jenis mangga yang enak juga jika dijadikan puding, contohnya Mangga manalagi, mangga endog, mangga lalijiwa, mangga madu, mangga kemang dan mangga lainnya.

Ada beberapa tips dalam Resep Membuat Puding Mangga, yakni :
  1. Jika warna puding kurang kuning, maka adonan puding dapat diberi tambahan beberapa tetes pewarna makanan egg yellow.
  2. Kemduian warna puding yang bagus juga bisa didapat dari paduan mangga gedong gincu yang matang dengan mangga harum manis.
Semoga Resep Membuat Puding Mangga yang witnifood bagikan kali ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi refrensi sahabat witnifood dalam berkreasi di dapur tercinta sahabat witnifood. Sebagai pelengkap hidangan saat santai, ada baiknya jika sahabat witnifood mencipatkan satu mahakarya yang terbuat dari bahan dasar telur, Martabak Telur pastinya. Rasa gurih dan nikmat akan menambah hangatnya waktu bersantai sahabat witnifood. Selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep Membuat Puding Mangga Lapis Susu"

close
Shopee Promo