Resep Sambal Tempoyak Khas Palembang

Resep Sambal Tempoyak - Hai sahabat witnifood, buat yang suka banget sama pedas, terutama sambal. Sudah pernahkan sahabat witnifood mencoba sambal Tempoyak ? Mendengar nama tempoyak mungkin memang belum begitu familiar bagi sebagian sahabat witnifood. Ada baiknya jika kita membahas tentang apa itu tempoyak yukkkk sahabat witnifood :)

Tempoyak adalah bahan makanan yang berasal dari buah durian yang difermentasi. Tempoyak merupakan makanan yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun hal ini jarang sekali dilakukan karena banyak yang tidak tahan dengan keasaman dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak dijadikan bumbu masakan.

Citarasa dari Tempoyak adalah asam, karena terjadinya proses fermentasi pada daging buah durian yang menjadi bahan bakunya. Tempoyak dikenal di Indonesia, terutama di Palembang, Lampung dan Kalimantan. Selain itu, makanan ini juga terkenal di Malaysia. Di Palembang, tempoyak dimasak dengan campuran daging ayam. Di Lampung, tempoyak menjadi bahan dalam hidangan seruit atau campuran untuk sambal. Menarik sekali bukan ?

Tempoyak diriwayatkan dalam Hikayat Abdullah sebagai makanan sehari-hari penduduk Terengganu. Ketika Abdullah bin Abdulkadir Munsyi berkunjung ke Terengganu sekitar tahun 1836, ia mengatakan bahwa salah satu makanan kegemaran penduduk setempat adalah tempoyak. Berdasarkan sejarah yang ada dalam Hikayat Abdullah, tempoyak merupakan makanan khas rumpun bangsa Melayu, yaitu suku bangsa Melayu di Malaysia dan Indonesia yang terdapat di Sumatera dan Kalimantan.

Setelah mengupas sejarah dan asal-usul sebaiknya sahabat witnifood langsung saja mencoba Resep Sambal Tempoyak sendiri dirumah, yukkk :)

Resep Sambal Tempoyak

Resep Sambal Tempoyak
Resep Sambal Tempoyak

Bahan Bumbu Halus :

  • 4 siung bawang merah.
  • 2 siung bawang putih.
  • tempoyak durian secukupnya.
  • 3 buah cabe merah besar.
  • 10 buah cabe rawit.
  • Gula pasir secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Penyedap rasa secukupnya.

Cara Membuat :

  • Tumis bumbu halus yang sudah dipotong hingga harum.
  • Tambahkan Tempoyak seperlunya, kemudian tambahkan sedikit gula dan penyedap rasa.
  • Selanjutnya tumis hingga semua bahan bumbu tercampur rata. Angkat
Sajikan selagi hangat dengan nasi putih. Adapun cara untuk menghasilkan tempoyak segar adalah sebagai berikut :
  1. Ambil daging buah durian atau duren, masukan ke dalam guci atau stoples, bubuhi garam secukupnya lalu ditutup rapat.
  2. Setelah sekitar Satu Minggu, buka dan diaduk rata, tempoyak siap digunakan.
Naaahh mudah kan Resep Sambal Tempoyak yang segar dan lezat. Tingkat kepedasan juga dapat ditambah volume cabai rawitnya jika sahabat witnifood adalah pecinta pedas. Masih nangkring di Palembang nih sahabat witnifood,setelah ada Resep Sambal Tempoyak. Next ada Tekwan yang wajib sahabat wutnifood coba.Semoga bermanfaat:) 

Post a Comment for "Resep Sambal Tempoyak Khas Palembang"

close
Shopee Promo