Resep Sambal Mangga Muda Pemikat Hati

Resep Sambal Mangga Muda - Mengapa witnifood memberikan nama pada sambal yang satu ini dengan nama sambal mangga muda pemikat hati ? Karena sambal ini sangat memikat hati para penikmatnyaa, heeeem nyamiiii. Beraneka ragam sambal khas Indonesia, ada sambal tomat, sambal bajak, sambal kacang, sambal matah, sambal jamur, dan sambal mangga muda yang sebentar lagi akan witnifood bahas. Bagi sahabat witnifood yang sudah pernah mencobanya pasti akan ketagihan akan kenikmatannya, keculai jika memang sahabat witnifood tidak terlalu menyukai rasa asam dari mangga muda tersebut.

Mengapa diberi nama sambal mangga muda dan bukan sambal mangga ? Karena jika Resep Sambal Mangga Muda dibuat menggunakan bahan dasar mangga yang sudah matang/tua rasa yang dihasilkan juga kurang khas, selain rasa mangga matang yang menonjol ke rasa manis, tekstur daging buah mangga yang sudah matang juga sudah lumayan lembek. Jadi pemilihan bahan dasar Resep Sambal Mangga Muda lebih enak jika menggunakan mangga muda yang masih segar, memiliki rasa asam dan tekstur daging buah yang masih tergolong keras dan gurih.

Mangga merupakan salah satu buah yang cukup terkenal di Indonesia, banyak sekali jenis buah mangga yang tumbuh di Indonesia seperti buah mangga harum manis, mangga indramayu, mangga manalagi, mangga gedong dan masih banyak lagi jenis buah mangga yang lainnya. Yang pastinya tidak bisa disebutkan semuanya. Buah mangga juga merupakan buah musiman yang artinya buah mangga ini hanya ada pada musim-musim tertentu saja, walaupun ada pada bukan musimnya pasti sangat melambung tinggi harganya.

Buah mangga yang telah matang memiliki rasa yang manis dan memiliki aroma yang harum, seperti yang sudah kita bahas tadi, sedangkan buah mangga yang masih muda memiliki rasa yang sangat asam. Naaaah membicarakan rasa asam pada buah mangga muda, itu berarti ada vitamin C yang terkandung dalam buah mangga tersebut ya sahabat witnifood. Brikut kandungan nutrisi pada buah mangga muda yang pastinya sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita :
  1. Vitamin A
  2. Vitamin B
  3. Vitamin C
  4. Mineral
  5. Kalsium
  6. Karbohidrat
  7. Serat
  8. Lemak
  9. Protein
  10. Energy
  11. Fosfor
  12. Zat besi
Itulah beberapa kandungan yang terdapat pada buah mangga muda, dan berikut manfaat buah mangga muda, diantarnya adalah :
  1. Dapat menangkal radikal bebas.
  2. Dapat melancarkan saluran pencernaan.
  3. Dapat membantu dalam menurunkan berat badan.
  4. Dapat mencegah penyakit jantung.
  5. Dapat mencegah kanker.
  6. Dapat menurunkan resiko terkena stroke.
  7. Dapat mempercantik kulit.
  8. Dapat mengatasi morning sicknes pada Ibu hamil.
Kebetulan menu sambal ini adalah sambal favorit witnifood jika berkunjung ke salah satu kedai, hihi. Karna witnifood sangat menyukai pedas dan asem, kok jadi curhat ya hehehe. Sambal ini dapat disantap bersama ayam goreng, ayam bakar atau ikan bakar. Jika sahabat witnifood ingin mencoba Resep Sambal Mangga Muda, witnifood punya resepnya loh dan bisa sahabat witnifood coba sendiri di dapur sahabat witnifood. Cekidooooooottt !!!
Resep Sambal Mangga Muda
Resep Sambal Mangga Muda

Bahan-bahan :

  • 1 buah mangga muda.
  • 1 sdm minyak goreng.

Bahan Sambal :

  • 3 buah cabe merah Besar.
  • 10 cabe rawit.
  • 1 sdt terasi.
  • 1 siung bawang putih.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1 sdm gula pasir.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama, potong-potong mangga muda dengan kurang lebih seukuran 1 batang korek api atau sesuai selere.
  • Kemudian ulek semua bumbu, cabe, terasi, garam dan gula merah hingga halus (sesuai selera).
  • Selanjutnya masukkan mangga muda, aduk rata sambil sesekali diulek.
  • Terakhir, tambahkan minyak goreng. Aduk sampai rata.
Naahh sambal mangga muda siap dihidangkan bersama lauk favorit, tingkat kepedasan dapat sahabat witnifood sesuaikan sendiri pastinya sesuai selera sahabat witnifood. untuk pengolahan terasi dapat digoreng atau dibakar sesuai selera. Tapi lebih gurih lagi jika trasinya dibakar ya sahabat witnifood.

Demikian Resep Sambal Mangga Muda yang sangat memikat hati, hihi. Selamat mencoba dan pastinya keluarga dirumah sangat menykai kehadiran menu sambal mangga muda tersebut. Jangan lupa nih sahabat witnifood untuk mencoba menu lain untuk menemani bersantap sahabat witnifood dan keluarga. Salah satunya adalah Oseng Ati Ampela Cabe Ijo yang tak kalah lezat. 

Post a Comment for "Resep Sambal Mangga Muda Pemikat Hati"