Resep Sambal Kacang Yang Legit dan Gurih

Resep Sambal Kacang - Berbicara mengenai kacang tanah, pasti hampir semua orang menyukainya, kacang tanah memang merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang paling banyak dikonsumsi. Selain alasan kesehatan, kacang beraroma khas ini juga digemari karena rasanya yang gurih dan nikmat. Dengan mudah kita bisa menjumpai olahan kacang tanah ini ada di mana-mana. Kacang tanah terseut dapat diolah menjadi banyak makanan yang pastinya lezat. Dapat dimakan asin, kering dibakar, direbus dan bahkan mentah. Contoh olahan kacang tanah yakni kacang goreng, kacang kulit rasa, kacang telor, roti kacang hingga pie dengan selai kacang yang legendaris itu.

Namun perlu sahabat witnifood ketahui, bahwa kacang tanah juga dapat dijadikan sebagai sambal, rasa pedas, legit akan pecah ketika sampai di mulut kita, dan kacang tanah juga merupakan sumber protein terbaik di kerajaan tanaman. Sambal kacang biasanya digunakan dalam bumbu Batagor, Siomay, Pecel, Gado-gado, Rujak dan masih banyak lagi lainnya. Wah waaaah pasti rasanya sedap sekali ya sahabat witnifood.

Setiap bahan pangan pastinya memiliki kandungan nilai gizi dan manfaat bagi kesehatan, begitu juga dengan kacang tanah yang menurut penelitian banyak mengandung khasiat, diantaranya :
  1. Membantu meningkatkan kesuburan.
  2. Membantu dalam peraturan gula darah.
  3. Membantu mencegah batu empedu.
  4. Vitamin untuk janin dalam perut Ibu hamil.
  5. Mengurangi rasa depresi/ stress.
  6. Menjaga berat badan.
  7. Mencegah Kanker Usus.
  8. Mencegah Penyakit Jantung.
Dan masih banyak lagi khasiat kacang tanah bagi kesehatan.

Kini sambal kacang sudah ada yang dijual siap saji, maksudnya adalah sambal tersebut dijual sudah matang dan kita sebagai pembeli tinggal menambahkan seduhan air agar sedikit encer. Sangat praktis dan mudah untuk dihidangkan. Namun terkadang rasa yang kita dapatkan kurang pas dengan selera kita. Jadi, alangkah baiknya jika sahabat witnifood mencoba Resep Sambal Kacang sendiri dirumah. Bahan dan bumbunyapun sangat mudah sahabat witnifood temukan.
Resep Sambal Kacang
Resep Sambal Kacang

Bahan-bahan :

  • 1 ons kacang tanah.
  • 2 siung Bawang putih.
  • 5 buah cabai rawit.
  • 12 biji Cabai merah keriting.
  • 1 buah Gula merah.
  • 3 sdm Air asam jawa.
  • Minyak goreng.
  • 1 buah Jeruk limau.
  • Penyedap rasa secukupnya.
  • Garam secukupnya.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama, siapkan minyak goreng dalam wajan penggorengan, setelah minyak panas, masukkan kacang tanah, goreng hingga berubah warna dan gurih.
  • Selanjutnya siapkan air yang didihkan kemudian masukkan bahan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan cabai.
  • Setelah itu siapkan layah kemudian campur semua bahan tadi kemudian diulek hingga halus.
  • Kemudian tambahan gula jawa yang sudah disisir halus, garam, penyedap rasa, dan seikit air asam jawa.
Sajikan dengan cara diberi air putih agar sedikit encer kemudian diaduk dan beri perasan jeruk nipis. Agar rasa semakin sedap. Sambal ini cocok sekali untuk menemani cemilan seperti Otak-otak Ikan Tengiri Bakar, dan juga dijadika bumbu pecel. nyamiiiii sedap sekali rasanyaaaa. Pedas, manis, legit dan gurih.

Resep Sambal Kacang juga beragam proses pembuatannya, ada yang dihancurkan dengan cara ditumbuk dan ada juga yang dihancurkan dengan bleder. Proses pembuatan sambal kacang dengan cara diblender memang praktis dan tak perlu memakan banyak energi. Namun, hasilnya tidak terlalu lezat seperti pengolahan dengan cara ditumbuk. Karena sari-sari pasti ada yang tertinggal di blender.

Dan untuk tingkat kepedasan dapat sahabat witnifood sesuaikan sesuai selera sahabat witnifood, jika sahabat witnifood adalah pecinta pedas maka sahabat witnifood dapat menambahkan volume cabai rawit, akan tetapi jika sahabat witnifood adalah phobia pedas maka cabai rawit yang tersusun dalam Resep Sambal Kacang yang witnifood bagikan tadi, dapat sahabat witnifood skip. Untuk proses perebusan cabai dan bumbu lain, sahabat witnifood dapat menggorengnya, jadi tidak harus direbus ya sahabat witnifood.  Akan tetapi jika cabai tersebut direbus pasti rasa sambal kacang akan terasa lebih segar karena tanpa minyak.

Demikian Resep Sambal Kacang yang rasanya sudah melegenda dan melekat dihati paca pecintanya. hihi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :) Tetep stay di witnifood.blogspot.com gais, nantikan resep-resep kami selanjutnya :)

Post a Comment for "Resep Sambal Kacang Yang Legit dan Gurih"