Resep Membuat Putu Mayang Dari Bihun

Advertisement

Resep Membuat Putu Mayang - Berbagai macam bahan pangan membuat masyarakat di muka bumi ini menciptakan inovasi baru dalam pengolahan pangan. Mulai dari yang memiliki rasa asin dan manis. Contohnya saja olahan bihun, biasanya mi bihun dibuat menjadi masakan seperti capcai, risoles, tumis bihun, sop bihun dan masih banyak lagi olahan lainnya. Namun siap sangka jika mi bihun dapat dijadikan kue yang enak dan legit. Namanya Kue Putu Mayang. Rasanya manis, kenyal dan berwarna-warni tampilannya. Sudah pernah mencobakah sahabat witnifood dengan makanan yang berbahan dasar mi bihun tersebut ?

Bihun atau yang lebih sering disapa mihun merupakan nama salah satu jenis bahan makanan yang berasal dari Tiongkok, bentuknya seperti mi namun lebih tipis dan berwarna putih bening. Dalam bahasa Inggris disebut rice vermicelli atau rice noodles atau rice sticks. Bihun berasal dari bahasa Tionghoa, yaitu “Bi” artinya beras dan “hun” artinya tepung. Bahan baku bihun sendiri terbuat dari tepung beras. Makanan tersebut sangat terkenal dari negara Tiongkok dan Asia Selatan, seperti India. Bahkan di Korea juga olahan bihun sangat mudah sekali dijumpai.

Putu Mayang biasanya dihidangkan dengan kuah santan gula jawa atau dengan air jahe yang dimasak dengan air gula jawa. Wahh wah pasti terdapat kenikmatan tersendiri ya sahabat witnifood. Satu buah putu mayang biasanya dijual dengan harga 1000 rupiah. Harga yang cukup ekonomis untuk mendaptkan rasa legit yang sangat menggoda para pecinta kuliner tanah air. hihi.

Biasanya kue putu mayang dapat ditemukan di angkringan-angkring di pinggir jalan raya. Atau di warung-warung ya sahabat witnifood. Kue putu mayang juga termasuk makanan favorit witnifood ni, enak lohhhh. Tertarik untuk membuatnya dirumah ? Jangan kemana-mana ya sebentar lagi witnifood akan membagikan Resep Membuat Putu Mayang yang legit dan kenyal.
Resep Membuat Putu Mayang
Resep Membuat Putu Mayang

Bahan-bahan : 

  • 1 bungkus Bihun jagung.
  • 5 sdm Tepung kanji.
  • Pewarna makanan merah.
  • Pewarna makanan hijau.
  • Gula Pasir.

Bahan Kuah :

  • 1 buah kelapa untuk santan.
  • 2 buah gula merah.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1 lembar daun pandan.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama adalah rebus bihun sampai matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya potong-potong bihun dan masukan tepung kanji, aduk rata. Bagi 3 bihun dalam wadah terpisah, 1 bagian biarkan tetap putih, 1 bagian lagi tambahkan pewarna merah dan 1 bagian tambahkan pewarna hijau.
  • Langkah selanjutnya siapkan kukusan. Masukkan bihun kedalam cetakan apem atau cetakan kue mangkok. Kukus kurang lebih 10 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan.
  • Berikutnya buat kuah santannya, tuang santan dipanci dan masukan juga gula merah, garam, dan daun pandan yg sudah disobek-sobek. Masak sampai mendidih.
  • Masukan bihun yang sudah dikukus dipiring dan siram dgn kuah santan. Putu mayang bihun siap disajikan.
Sajikan putu mayang selagi hangat dengan kuah santan legit atau dengan parutan klapa, tergantung selera sahabat witnifood saja ya, hihi pastinya cocok banget deh untuk menemani waktu santai sahabat witnifood dan keluarga. Naaaah mudah Resep Membuat Putu Mayang, bahan mi bihun yang sangat mudah dijumpai dan menjadi makanan yang enak adalah pilihan yang tepat dalam berkreasi di dapur.

Demikian Resep Membuat Putu Mayang khas angkringan di tepi jalan, hihi. Mudah dan sangat praktis. Makanan ini juga dapat dijadikan menu penutup. Berikutnya ada resep Gado-gado yang tak kalah lezat sahabat witnifood, selamat mencoba :)
Advertisement

loading...

0 Response to "Resep Membuat Putu Mayang Dari Bihun"

Post a Comment