Resep Membuat Cimplung Singkong Pandan

Resep Membuat Cimplung - Berbagai jenis makanan tradisional memang kerap kita jumpai ketika kita berkunjung ke suatu daerah. Mulai dari masakan, makanan, minuman, hingga cemilan. Jenis makanan tradisional dapat tergolong rasa manis dan asin. Salah satu contoh adalah Pempek Palembang yang memiliki rasa asin, pedas, asem. Sedangkan salah satu makanan tradisional yang manis, salah satunya adalah Cimplung. Cimplung adalah makanan Khas Tradisional Jawa Tengah, khususnya Cilongok, Banyumas, Sokaraja dan berbagai daerah lainnya di Banyumas.

Apa itu Cimplung? Mungkin banyak sahabat witnifood yang belum begitu familiar dengan makanan Tradisional yang bernama Cimplung tersebut. Biar sahabat witnifood tidak penasaran, sebaiknya mari kita kupas saja apa itu Cimplung dan sejarah makanan tradisional tersebut.

Cimplung merupakan bersatunya 2 bahan pangan, antara Gula Merah dan Ubi-ubian. Hayooo ada yang dapat menyimpulkan ? hihi. Begini sahabat witifood, di daerah Kabupaten Banyumas terdapat sangat banyak petani Gula, dan banyak perkebunan Singkong. Jadi para petani Gula terbiasa membuat makanan yang berasal dari kedua bahan tersebut yang dinamakan Cimplung tadi. Cara membuat cimplung tadi adalah bahan Cimplung dimasukkan kemudian digodok bersama Nira (Badheg dalam bahasa Jawa).

Bahan utama Cimplung tidak harus selalu Singkong yaaa sahabat witnifood, karna sahabat witnifood dapat menggantinya dengan Ubi Jalar (Munthul - Bahasa Jawa), Kelapa Muda, Pisang Ambon bahkan Kentang juga bisa, yang pasti sesuai selera sahabat witnifood saja. Naaaah jika sahabat witnifood sulit untuk menemukan petani Gula untuk sekedar ikut "Nyimplung", maka sahabat witnifood dapat menggunakan alternatif yaitu Gula Merah yang dicairkan. 

Wah wahh pasti sahabat witnifood makin penasaran ya bagaiman Resep Membuat Cimplung yang praktis dan tidak harus berburu petani Gula, hihi. Dan apalagi sahabat witnifood yang tinggal di luar pulau Jawa pasti sedikit kemungkinan sudah mencoba makanan tradisional Kabupaten Banyumas tersebut, keculai yang sudah pernah berkunjung ke daerah tersebut.

Kebetulan saat adik libur kemarin, adik minta dibuatkan Cimplung ni sahabat witnifood, dan kebetulan bahan yang ada dirumah cuma Singkong saja, alhasil hari itu hanya berhasil membuat Cimplung Singkong. Jadi langsung saja witnifood catat Resep Membuat Cimplung untuk dibagikan ke sahabat witnifood yang penasaran dengan Resep Membuat Cimplung tanpa Nira. Resep asli keluargaku. Rasa legit, lembut dan mengenyangkan akan segera sahabat witnifood dapatkan, berikut Resep Membuat Cimplung Khas Cilongok gaiissss, cekidooott !! 

Resep Membuat Cimplung

Resep Membuat Cimplung
Resep Membuat Cimplung

Bahan-bahan :

  • 3 Buah Singkong.
  • 2 Buah Gula Merah.
  • 1 lembar Daun Pandan.
  • Air secukupnya.

Cara Membuat :

  • Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengupas singkong dan dicuci sampai bersih.
  • Selanjutnya sisir gula merah dengan halus kemudian sisihkan.
  • Setelah itu siapkan wajan, dan masukkan air secukupnya.
  • Kemudian masukkan gula jawa yang sudah disisir halus, setelah itu aduk hingga gula jawa mencari. Masukkan juga daun pandan.
  • Setelah mendidih masukkan Singkongnya dan tunggu hingga gula meresap dan sedikit mengental.
  • Jangan lupa sesekali diaduk agar gula tercampur rata.
Sajikan Cimplung Singkong selagi hangat dengan Teh hangat. Tips agar tidak terlalu lama dalam pembuatan Cimplung ketika dicampurkan dengan air gula adalah, yakni Singkong direbus terlebih dahulu, kemudian baru dicampurkan ke dalam gula yang dicairkan. Soal rasa hampir sama tetapi yang perlu kita khawatirkan adalah ketika gula cair sudah semakin menyusut, tetapi Singkong masih keras, jadi alangkah lebih baiknya jika Singkongnya direbus terlebih dahulu.

Naaaah Resep Membuat Cimplung yang praktis dan sangat mudah untuk sahabat witnifood praktikkan. Mengenyangkan, bergizi dan bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah sahabat witnifood temukan. Aroma daun pandan yang sangat wangi dan pastinya sangat menggugah selera untuk segera menyantap makanan tradisional tersebut. Mari kita lestarikan tradisi daerah di berbagai penjuru wilayah Indonesia. 

Demikin Resep Membuat Cimplung yang witnifood bagikan kali ini, semoga bermanfaat dan semoga keluarga menykainya. Jangan lupa juga resep lain yang tak laha lezat. Setelah ngumpet di Pulau Jawa, baikknya kita terbang ke Negri Sakura yukk untuk mencoba Chawanmushi yang lezat dan bergizi. hihi. Selamat Mencoba :)

Post a Comment for "Resep Membuat Cimplung Singkong Pandan"